kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Lebaran dan Pertumbuhan Ekonomi Desa Wisata

 

photo : danau bungkang wisata desa nanga embaloh

Kadesku.com. Hampir setiap tahunnya masyarakat melakukan mudik besar-besaran, terutama menjelang hari lebaran. Bahkan ada pemerintah setempat memberlakukan mudik gratis untuk warga yang ingin berlebaran dikampung halamannya. Penomena ini terus berulang setiap tahunnya. Bahkan setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah yang mudik lebaran.

 

Dibalik momen ini, sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh desa dalam mengingkatkan pendapatan desa. Ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat memberi sambutan dan melakukan penukaran uang secara simbolis di Kantor Kemendes PDTT, di Jakarta, Selasa (2/3/2024), “Momen mudik Lebaran 2024 dapat dimanfaatkan pemerintah desa, terutama desa-desa wisata, untuk memperkuat perekonomian mereka” Sebagaimana dilansir kompas.com.

 

Gus Halim, sapaannya, mengatakan potensi tersebut harus dioptimalkan sebagai upaya menangkap peluang kunjungan wisata."Seiring jumlah pemudik yang diprediksi lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya," kata Gus Halim sebagaimana dilansir Antara. 

 

Selain itu, sektor usaha kecil dan menengah (UKM) pun akan semakin tumbuh dan pariwisata semakin hidup karena dikunjungi oleh warga untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Pada akhirnya, ucap Gus Halim, sumber-sumber ekonomi di daerah juga akan tumbuh dengan baik. Ditambah Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berencana membentuk 6.000 desa wisata sepanjang tahun 2024 guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Dari 80.000 lebih desa di Tanah Air, lanjutnya, ada sekitar 7.500 desa yang berpotensi dari segi pariwisata. "Desa yang memiliki potensi wisata itu sekitar 7.500 dan 80 persen itu sekitar 6.000 desa harus kita jangkau," tutur Menparekraf, dikutip dari Antara, Senin (19/2/2024). Sandiaga menjelaskan, 6.000 desa wisata itu nantinya bisa memiliki kontribusi terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) nasional sebesar 4,5 persen.

 

Apabila rencana 6.000 desa wisata tersebut terlaksana, terdapat pula tambahan sekitar 4,4 juta lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif. "Karena di desa itulah generasi muda kita bisa menciptakan inovasi-inovasi, termasuk produk-produk kreatif yang akan menambah peluang desa wisata tersebut untuk meningkatkan kemampuan," jelas Sandiaga.*

 

Apakah desa anda sudah siap dengan kedatangan pemudik berlibur didesa anda ? Sudah siapkah menyuguhkan keindahan wisata desa anda ?

 

Editor : Admin

sumber : * https://lestari.kompas.com/read/2024/04/02/180000886/momen-mudik-lebaran-bisa-perkuat-ekonomi-desa-wisata.

 

komentar facebook

No comments:

Post a Comment