kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Perpustakaan Sumber Ilmu Desa Bunut Tengah Runner Up Lomba Perpustakaan Umum Desa atau Kelurahan tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021

Kadesku.com. Putussibau. Perpustakaan Sumber Ilmu Desa Bunut Tengah Kecamatan Bunut Hilir di nobatkan sebagai juara 2 (dua) pada lomba Perpustakaan Umum Desa atau Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 yang di selenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar.

Atas prestasi ini , Vicky selaku Kasi Kespel Desa Bunut Tengah di hubungi via WA mengungkapkan "Alhamdulillah cukup berbangga dengan hasil yang di dapat. Apalagi perpustakaannya termasuk baru. Berkat jerih payah dan kerja sama dari masyarakat serta lainnya.

"Alhamdulillah juga perpustakaan bisa berjalan dengan baik serta banyak ilmu yang bermanfaat bisa diambil dari koleksi-koleksi buku di perpustakaan. Mengingat sekarang zaman digital, harapan kedepan bisalah perpustakaan yang ada bisa jadi perpustakaan berbasis digital. Mengingat minat baca orang lebih suka baca yang versi digital" Imbuhnya lagi.

Adapun penyerahan hadiah berlangsung di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar, pada kamis 12 Agustus 2021. Dimana selaku perwakilan Perpustakaan Sumber Ilmu Desa Bunut Tengah yang menerima hadiah tersebut adalah Khairush Shalihin dan didampingi Almiyati,​S.Ak selaku​ kepala​ bidang​ perpustakaan​ pada​ dinas​ perpustakaan​ dan​ kearsipan​ kabupaten​ Kapuas​ Hulu.

"Kita bersyukur sudah bisa mencapai nomor se-Kalbar, Insya Allah kita tingkatkan kedepannya lagi untuk meraih juara 1, mewakili Provinsi Kalimantan Barat  ke tingkat pusat, untuk itu kita perlu dukungan semua pihak, baik masyarakat, pihak kecamatan dan Pemerintahan Kabupaten Kapuas Hulu, karena kita masih banyak kekurangan sehingga point kita peroleh belum maksimal. Mudah-mudahan dengan adanya perpustakaan bisa meningkatkan minat baca masyarakat" kata Khairush Shalihin di hubungi via WA.

Almiyati,​S.Ak selaku​ kepala​ bidang​ perpustakaan​ pada​ dinas​ perpustakaan​ dan​ kearsipan​ kabupaten​ Kapuas​ Hulu​ juga mengungkapkan "Sangat​ mengapresiasi sekali​ atas​ prestasi​ yang​ di​ raih​ oleh​ Desa​ Bunut​ Tengah​ Kecamatan​ Bunut​ Hilir​, dari​ 14​ kabupate​n​/Kota​ Desa​ Bunut​ Tengah​ bisa​ mendapat​kan​ juara​ 2​ (dua) itu​ sudah​ luar​ biasa​ sekali​. Walaupun​ Desa​ Bunut​ Tengah​ ini​ pertama​kali​nya​ mengikuti​ perlombaan​ tingkat​ kabupaten​ maupu​n​ provinsi. Namun mereka​ bisa​ bersaing​ dengan​ kabupaten​ lain. Semoga​ ke​depan​nya​ Desa​ Bunut​ Tengah​ bisa​ merah​ juara​ 1(satu)​ tingkat​ Provinsi Kalbar sehingga​ bisa​ mewakili​ Kalbar di​ tingkat​ Nasional.

"Perpustakaan​ Sumber​ ilmu​ desa​ bunut​ tengah​ memiliki​ banyak​ sekali​ inklusi​ sosial​ yang​ mereka​ lakukan​ dalam​ membantu​ perekonomian​ masyarakat​nya​ seperti​ bu​di​daya​ kratom.budidaya ikan​ hias,​ pengolahan​ kerupuk​ basah​ dan​ kering​ serta​ melakukan​ pelatihan​ komputer​. Dalam​ hal​ peningkatan​ minat​ baca​ perpustakaan​ desa​ Sumber​ Ilmu​ bekerja​sama​ dengan​ komunitas​ Kapuas​ membaca​ (KACA),​ Sekolah​-sekolah,​ ibu​-ibu PKK Desa,​ ibu-ibu​ Majelis​ Ta'lim​ serta​ elemen  masyarakat. Melakukan​ perpustakaan​ on​ the​ road (melalui​ Sungai) dan​ mengajak​ anak-anak membaca​ di​ Alam​ ter​buka​, dan juga​ bekerja​sama​ dengan​ Desa​ Bunut​ Hulu​ dalam​ hal​ koleksi​" Imbuhnya lagi.


Adapun sebelum lolos mengikuti lomba tingkat provinsi, sebelumnya perpustakaan Sumber Ilmu berhasil menjadi juara 1 (satu) di tingkat Kabupaten Kapuas Hulu yang diadakan oleh dinas perpustakaan dan kearsipan Kab. Kapuas Hulu. Atas keberhasilan ini, Perpustakaan Sumber Ilmu Desa Bunut Tengah berhak mewakili Kab. Kapuas Hulu di tingkat Provinsi Kalimantan Barat.


Sumber dan foto : khairush shalihin


komentar facebook

No comments:

Post a Comment