kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

DWP KEARSIPAN DAERAH JUARA LOMBA MASAK KUE TRADISIONAL BAHAN DASAR TEPUNG MOKAF


Kadesku.com. Putussibau. Acara lomba masak kembali digelar oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kab. Kapuas Hulu pada Sabtu (1/12/2018). Kali ini Lomba tersebut mengangkat tema Lomba Kue Tradisional dengan Bahan Utama Tepung Mokaf.
Tepung mocaf adalah merupakan tepung berbahan baku singkong atau ubi kayu yang dimodifikasi dengan teknik fermentasi menggunakan mikrobia. Tepung mocaf memiliki karakteristik yang cukup baik untuk mensubstitusi atau menggantikan 100 % penggunaan tepung terigu. Dibandingkan dengan tepung singkong tanpa fermentasi atau tepung gaplek, tepung mocaf memiliki kualitas yang lebih bagus yaitu tampak lebih putih dan aroma khas singkong nya hilang. Pada produk tepung singkong tanpa fermentasi atau gaplek, warna kurang putih (coklat kehitaman) dan seringkali bau apek sangat kuat sehingga ketika diaplikasikan ke produk menyebabkan performan produk kurang menarik dan masih ada aroma khas singkong. Hal ini seringkali membuat industri olahan makanan yang berbahan baku tepung singkong atau gaplek menjadi kurang puas. Temuan tepung singkong modifikasi (mocaf) dimana karakteristik tepung mocaf lebih putih dan aroma singkong telah hilang sehingga jika mensubstitusi terigu tidak menurunkan kualitas produk jika proposi penggunaannya disesuai dengan jenis produknya.
Tepung mocaf memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dengan tepung terigu. Perbedaan kandungan nutrisi yang mendasar adalah, bahwa tepung mocaf tidak mengandung zat gluten-zat yang hanya ada pada terigu yang menentukan kekenyalan makanan.Tepung mocaf berbahan baku singkong memiliki sedikit protein sedangkan tepung terigu berbahan gandum kaya dengan protein. Tepung mocaf lebih kaya karbohidrat dan memiliki gelasi yang lebih rendah dibandingkan tepung terigu. Sedangkan dibandingkan dengan tepung singkong biasa atau tapioka, tepung mocaf memiliki karakter derajat viskositas (daya rekat), kemampuan gelasi, daya rehidrasi dan kemudahan melarut yang lebih baik. Tepung mocaf berwarna putih, lembut, dan tidak berbau singkong.Dalam Kesempatan lomba tersebut DWP Kearsipan Daerah meraih juara 1, Disusul oleh DWP Dinas Pertanian Juara 2, DWP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Juara 3, DWP Dinas Kominfo Juara 4 dan DWP TNBK menduduki Juara 5.
Sumber : Fb Yati Adawiyah dan https://dhesiana.wordpress.com/2016/06/09/apakah-tepung-mocaf-itu/
Doc : Fb Yati Adawiyah

komentar facebook

No comments:

Post a Comment