kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Ikan Seladang seberat 34 Kg Berhasil Didapatkan Warga Desa Bunut Tengah Kecamatan Bunut Hilir



Warga Desa Bunut Tengah Kecamatan Bunut Hilir berbondong-bondong melihat hasil tangkapan Ikan Seladang seberat 34 Kg (Kamis 15/3/2018) pukul 17.15 Wib. Bapak Ismail panggilan akrabnya Uju Mail adalah warga Desa Bunut Tengah, pekerjaannya swasta lebih menekuni sebagai seorang nelayan.

Setiap sore hari beliau selalu mencari ikan yang merupakan pekerjaan yang sering ia lakukan, apa lagi pada saat ini kondisi air masih dalam keadaan naik/pasang.
Menangkap ikan dengan cara yang sederhana dari turun menurun yaitu dikenal dengan istilah Nganyot ( menghanyutkan pukat disungai sejalur dengan arus air/ dari hilir ke hulu,  dari sungai batang Bunut sampai sungai Kapuas) dengan sampan kayu dan mesin tempel 3,3 PK.






Uju Mail ketika ditanya bagaimana rasanya dapat ikan seladang tersebut ? Beliau menjawab ini merupakn rezeky yang Allah turunkan padannya, saya sangat senang sekali, semoga dapat ikan yang lebih banyak lagi.

Ketika Ikan di dapat, Uju Mail tidak mampu mengangkat kedalam sampan, lalu dibalutnya ikan tersebut dengan pukat kuat-kuat lalu diseretnya ketepian dengan menghidupkan mesin 3,3 PK nya.

Ketika datang ketepian langsung dibantu masyarakat mengangkatnya, ditimbang oleh Bapak Mahyudin seberat 34 Kg, dan ketika dibelah perutnya didapatkan telor ikan seladang seberat 2,2 Kg.

Sumber : Dedi setiawan reporter desa nanga bunut
Doc : Dedi setiawan
komentar facebook

No comments:

Post a Comment