kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Desa Nanga Suhaid Segera Realisasikan Program Nasional



Pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, lebih dari itu BUMDes menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya.
Dengan terbitnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi mimpi indah untuk menuju kehidupan desa yang otonom dalam  mengelola pemerintahan dan kemasyarakatannya. Dengan demikian akan mendorong lahirnya desa dengan tata kelola yang lebih akuntabel dan transparan, masyarakat desa yang partisipatif, dan perekonomian desa yang menghidupi. Didukung dengan semangat gotong royong masyarakat akan  berpengaruh pada percepatan pembangunan ekonomi desa.
BUMDes memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa, bila dikelola secara baik, karena bisa berperan dari hulu hingga hilir. Peran dari hulu misalnya, BUMDes bisa berperan untuk membantu menyalurkan berbagai subsidi pemerintah, mulai dari subsidi pupuk, benih dan lainnya. Sedangkan di sektor hilir, BUMDes bisa jadi pengumpul hasil produksi yang dihasilkan oleh masyarakat desa.
Untuk mewujudkan hal tersebut diatas dan mendukung program Nasional, pemerintah Desa Nanga Suhaid melakukan upaya dengan pembentukan BUMDes di Desa Nanga Suhaid. Kegiatan pembentukan BUMDes tersebut diadakan pada tanggal 3 maret 2018 di kantor desa Nanga Suhaid dan dihadiri oleh pihak yang berkepentingan untuk memajukan BUMDes tersebut. Semoga dengan adanya upaya ini, menjadikan desa tersebut semakin sejahtera. Amin
Sumber : Hamditika reporter di kec.Suhaid
Doc : Hamditika
komentar facebook

No comments:

Post a Comment