kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Program Lahan Pertanian Desa Perigi Bersama Kelompok Tani Berkah







Desa Perigi merupakan salah satu Desa dari Kecamatan Silat Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Desa Perigi berbatasan langsung dengan Desa Baru, Desa Penai, Desa Sentabai dan Desa Pangeran. Desa ini dibelah oleh sungai Kapuas yang memiliki luas kurang lebih 5.275,51 Hektar. Desa ini merupakan salah satu desa tertua di Kecamatan Silat Hilir. Desa ini merupakan salah satu desa yang menjadi pusat administrasi Kecamatan Silat Hilir.
Desa Perigi yang sekarang dipimpin oleh Bapak Razali, memiliki komitmen untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa. Desa diharapkan mampu menghasilkan peluang usaha-usaha baru untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya tersebut adalah dengan membuat program Lahan Pertanian Desa yang berada di daerah belakang pusat desa. Sudah hampir tiga pekan program ini berjalan sejak kabar ini diturunkan. Ada kurang lebih 20 orang warga yang terlibat yang disebut dengan Kelompok Tani Berkah.

Keinginan Pemerintah Desa adalah kesadaran dari masyarakat untuk terlibat langsung dalam kegiatan ini. Sebab kedepan program ini menjadi program yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Jika memungkinkan akan ada pembukaan lahan baru untuk dijadikan tempat bercocok tanam juga. Jenis-jenis tanaman yang akan mengisi lahan tersebut adalah Padi, Cabe, sayur-sayuran dan tanaman lain. Semua jenis tanaman dipilih karena dapat dipanen 3 kali dalam waktu setahun.

Program Desa ini memiliki beberapa jenis kegiatan pendahuluan seperti Metode Pembukaan Lahan dengan tidak membakar dan metode pembuatan pupuk alami. Tujuan utama program ini adalah untuk melatih masyarakat membuka lahan tidak dengan membakar, serta mampu memanfaatkan lahan kosong atau bahan-bahan limbah yang dapat menjadi pupuk alami. Hal ini tentu mendukung program pemerintah yang menghimbau masyarakat agar tidak membuka lahan dengan membakar. Sebab pada umumnya, warga Desa Perigi memiliki kebiasaan Ladang Berpindah. Sekarang hal itu bisa dicegah dengan metode pembukaan lahan yang baik dan benar serta dapat digunakan sepanjang tahun.

Lahan Pertanian Desa Perigi ini adalah milik seluruh warga yang ingin terlibat langsung mengelolanya. Hal ini tentu menjadi lapangan pekerjaan baru bagi warga Desa Perigi. Walaupun program ini tidak semata-mata langsung mendapatkan hasil, namun baik untuk melatih masyarakt menjadi lebih rajin dan bekerja keras. Nilai lain dari program ini adalah masyarakt dipupuk kembali untuk bergotong royong  mengerjakan satu lahan untuk bersama. Disana banyak sekali interaksi sosial yang dapat menumbuhkan rasa persaudaraan lebih kuat. Sehingga tercipta masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, mandiri dalam pangan serta persatuan sosial yang baik.

Sumber : Zulkarnain reporter desa perigi kec. silat hilir
Doc : Zulkarnain
komentar facebook

No comments:

Post a Comment