kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Pemuda Silat Hilir Inisiasi Persatuan






Kesadaran akan pentingnya persatuan Pemuda mulai di sadari oleh kalangan muda-mudi Kecamatan Silat Hilir Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Ini dimulai dengan adanya kegiatan Silaturahmi bersama Camat Silat Hilir Bapak Munajib. Pada tanggal 3 Februari 2018 di Kediaman Camat hadir beberapa orang Pemuda dari Desa Baru dan Desa Perigi untuk menyampaikan niat baik tersebut. Pemuda-pemuda tersebut antara lain adalah Amirul Sidiq, Zulkarnain, Serli, Ipan Pranata, dan Suhermansah yang berasal dari beberapa kelompok usia. Diskusi dimulai dengan penyampaian maksud dan tujuan kedatangan hingga masalah-masalah yang ada di Kecamatan Silat Hilir. Adapun hal-hal yang paling disoroti adalah Pembangunan Imprastruktur, Keadaan Ekonomi, Lingkungan, Sosial Budaya dan Hukum Politik.
Ikatan Pemuda Silat Hilir yang disingkat dengan IPSH adalah Organisasi Kepemudaan yang bertujuan untuk merangkul seluruh Pemuda-Pemudi yang ada di Kecamatan Silat Hilir. Amirul Sidiq atau biasa dikenal dengan Am menyampaikan bahwa “Organisasi ini bertujuan untuk memberdayakan Pemuda Silat Hilir agar dapat membantu dalam kegiatan pembangunan di Kecamatan, Sekarang banyak sekali Pemuda Silat Hilir yang telah sukses dan berkarir diluar sana”. Hal ini disambut baik oleh Camat Silat Hilir sebab, memang saat ini kecamatan Silat Hilir sangat membutuhkan peran pemuda dalam kegiatan pembanguna. Apalagi jika Organisasi ini dapat terbentuk dan berjalan, maka sinergitas antara pemuda dan aparat pemerintah khususnya kecamatan dapat bekerjasama dalam segala sektor.
Adapun hal-hal yang menjadi sorotan Pak Munajib adalah Pertama Organisasi ini harus merangkul seluruh Desa yang ada di Kecamatan yaitu, Desa Perigi, Desa Baru, Desa Pangeran, Desa Sungai Sena, Desa Setunggul, Desa Miau Merah, Desa Nanga Nuar, Desa Bongkong, Desa Seberu, Desa Sentabai, Desa Bukit Penai dan Desa Rumbih. Sejauh ini salah satu desa yang sudah memiliki organisasi Kepemudaan adalah Desa Baru yang diketuai Oleh Saudara Adang, oleh sebab itu rangkul semuanya. Hal kedua adalah segera melaksanakan kegiatan Musyawarah untuk menentukan kepengurusan dan struktur agar program dapat secepatnya dirasakan masyarakat. Saat sampai pada waktunya nanti Beliau ingin menyampaikan cita-cita masyarakat Silat Hilir kepada seluruh Pemuda yang hadir. Yang ketiga setelah terbentuk kepengurusan nanti, bergegaslah untuk mengusulkan Akta Notaris agar dapat menjadi laporan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.
Sebelumnya, pemuda-pemuda ini sudah terlebih dahulu mendatangi beberapa orang Pemuda di Desa yang lain untuk menyampaikan rencana ini. Adapun salah seorang anggota menyampaikan bahwa, “Pemuda Silat Hilir sudah tersebar di seluruh daerah, Dari Hulu Kapuas Ibu Kota Putussibau hingga muara sungai di Ibu Kota Pontianak. Ditengah-tengah ada Kota Sintang yang tidak juga sedikit Pemuda Kecamatan Silat Hilir disana. Banyak sekali potensi yang belum disatukan untuk menjadi perubahan besar, nanti IPSH akan hadir di Seluruh Kota” Begitu tutur Zulkarnain. Sebenarnya gagasan ini sudah lama dibuat, hanya saja terpaut waktu dan jarak sehingga baru mulai diaktifkan kembali. Semua orang tentu mengharapkan IPSH memang mampu memwujudkan cita-cita dan tujuannya. Sehingga dapat meningkatkan kualitas Pembangunan seluruh sektor kehidupan masyarakat Kecamatan Silat Hilir.

Sumber : Zulkarnain reporter desa perigi silat hilir
Doc :  Zulkarnain
komentar facebook

No comments:

Post a Comment