kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Desa di Kec. Hulu Gurung berlangsung Lancar dan Sukses





Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan biasanya setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP desa.
Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.

Inilah yang sedang dilakukan oleh Kec. Hulu gurung. Pada tanggal 14 Februari 2018, bertempat di Aula Kantor Camat Hulu Gurung, Musrenbang Desa tersebut diadakan. Dalam kesempatan tersebut, dihadiri juga dari Dinas BAPEDA, Dinas Cipta Karya dan Dinas Bina Marga. Dalam acara tersebut diisi juga oleh para pemateri, diantaranya Bapak Alif, S. Sos dari Dinas BAPEDA dan pemateri dari Dinas Bina Marga dan Dinas Cipta Karya. Semoga dengan ada acara tersebut, makin mematangkan rencana kerja para pemerintah desa yang ada di Kec. Hulu Gurung sehingga lahir kesejahteraan yang merata didaerah tersebut. 

Sumber :  Yoni Irawan reporter desa Nanga Tepuai
Doc : Yoni Irawan
komentar facebook

No comments:

Post a Comment