kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Membuat Mainan Edukatif Bersama Team Pogja Bidang Pendidikan dan Keterampilan PKK Desa Nanga Suhaid










PKK Desa Nanga Suhaid khususnya team pogja bidang Pendidikan dan Keterampilan mengadakan kegiatan membuat mainan edukatif dalam mengenal bangun datar dan warna. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari minggu tanggal 18 februari 2018 di gedung PAUD Tunas Bangsa Desa Nanga Suhaid. Sasaran kegiatan Ibu2 wali murid PAUD.
Kegiatan tersebut di laksanakan oleh Ketua Pokja 2 PKK Desa Nanga Suhaid, Ibu Ardina Aprilita, S.Pd. Dihadiri oleh ketua PKK Desa Nanga Suhaid Ibu Hamidah, S.Pd. SD dan 2 anggota lainnya yaitu Ibu Desi Putri dan Ibu Misnah.
Adapun alat dan bahan pembuatan mainan edukatif tersebut : Gunting, cutter, penggaris, pulpen, double tape, isolasi, kotak sepatu dan kertas origami.
Cara membuat:
1. Lapisi kotak sepatu dengan kertas origami sampai tertutup seluruh bagian kotak. Gunakan double tape untuk melekatkan kertas.
2. Gambar pola bangun datar seperti lingkaran, segitiga, persegi empat, persegi panjang dan jajar genjang pada kertas origami lainnya.
3. Gunting pola dan tempel kan pada permukaan kotak sepatu yg telah di Lapisi kertas origami.
4. Potong pola yg sudah di tempel tadi menggunakan cutter.
5. Kemudian buat pola yg sama dengan kardus sisa 2 atau 3, lalu tempelkan pada potongan pola tdi dengan isolasi.
6. Mainan edukatif siap dimainkan.
Cara memainkan nya sangat mudah.
Letakan mainan edukatif (kotak bangun datar) nya di hadapan anak, lalu berikan potongan bangun datar kepada anak. Dan ajarkan kepada anak nama nama bangun datar tersebut dan ambil memasukkan ke kotak bangun datar. Lakukan hal yg sama pada bangun datar yg lain sampai kesemuanya diajarkan ke anak.
Lakukan berulang-ulang sampai dirasa anak mulai mengenal bangun datar tersebut. Lalu selipkan nama warna di sela-sela ulangan. Lakukan dengan cara yg menyenangkan. Hindari tindakan memaksa bila di rasa anak sudah mulai lelah. Selamat mencoba.

Sumber : Chip maradona reporter desa nanga suhaid
Doc : Chip maradona
komentar facebook

No comments:

Post a Comment