kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Hari Jadi Kota Nanga Bunut Ke 203 , Bapak Bupati Kapuas Hulu Dipasangkan Jubah dan Mahkota Raja Peninggalan Raja Bunut














Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Nanga Bunut Ke 203, pada hari Senin Tanggal 29 Januari 2018, Hadir Bapak Bupati Kabupaten Kapuas Hulu beserta Ibu dan unsur Porkofimda,  Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, DPRD Provinsi Kalbar, para Keturunan Raja Bunut, Rombongan Kecamatan Embaloh Hilir, KUA Jongkong dan masyaraka lainnya.

Bapak Bupati beserta rombongan tiba sekitar pukul 09.30 wib di Kota Bunut, Penyambutan yang sangat meriah dengan 9 orang memukul Tar ( alat tradosional) siap mengantarkan Bapak Bupati menuju Rumah Adat.

Sebelum masuk Rumah Adat beberapa acara Sakral dilaksanakan, pertama pemasangan Jubah dan Mahkota Raja pada Bapak Bupati lalu Bapak Raden Sudarjo melakukan sembah dengan mengucapkan pada Bapak Bupati "  Ampun Tuanku, Sembah Patik Harap di Ampunkan, Patik Menghadap Tuanku" dan dilanjutkan dengan Pantun.

Selanjutnya Tepung Tawar, kemudian diteruskan Begansai barulah masuk Rumah Adat untuk meresmikan Ikon Bunut Bumi Ulak Mahkota Raja dan Bunut Beramih dilanjutkan acara minum madu secara simbolis 10 orang anak-anak yang langsung diberikan oleh Bapak Bupati Kapuas Hulu.

Dari Rumah Adat kemudian menuju Indor Adi Pati untuk diresmikan dengan penandatanganan prasasti, sekaligus tempat acara seni dan sambutan-sambutan lainnya, serta pemotongan Pulot Jijak oleh Camat Bunut Hilir yang di berikan pada Bapak Bupati dan Keturunan Raja.

Setelah acara inti selesai, dilanjutkan makan siang dengan cara Saprah (makan dengan duduk sila saling berhadapan yang dialas dengan kain putih) karena panitia sudah menyiapkan ikan 1 Ton lebih yaitu ikan toman dan ikan entukan untuk konsumsi undangan.

Dengan kegiatan ini Masyarakat Bunut bangga, untuk mengingat kembali nilai sejarah dan budaya yang pernah ada, seperti yang kita tau Bunut Bumi Ulak Mahkota Raja telah banyak  melahirkan  para Pemimpin- pemimpin di kabupaten Kapuas Hulu seperti Bapak A.M. Nasir, SH Bupati Kapuas Hulu, Rajuliansyah, S.Pd.I Ketua DPRD Kapuas Hulu, Bapak H. Muhamad Kusyairi Husman, S.Ag., M.Si. Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu, Drs.H.Abang Tambul Husin mantan Bupati Kapuas Hulu, Gusti Effendi (Almarhum) Mantan Ketua DPRD Kapuas Hulu dan Anggota DPRD Kalbar serta banyak lagi lainnya.

Jadi kita berharap mulai dari sekarang siapkan kader - kader selanjutnya yang mempunyai kemampuan dan leadersip yang cakap dan bisa diandalkan baik untuk Bunut Bumi Ulak Mahkota Raja maupun Kabupaten Kapuas Hulu nantinnya untuk tetap jaya dan sejahtera masyarakatnya.

Sumber : Dedi Setiawan reporter desa nanga bunut
Doc : Dedi setiawan, fb aldzammar dan Panitia 
komentar facebook

No comments:

Post a Comment