kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Potensi cabai ada di kecamatan kalis

Kadesku.com-Cabai di Kabupaten Kapuas Hulu jarang terjadi kelangkaan. Sebab salah satu Kecamatan di Kabupaten ini, sudah dapat mengakomodir kebutuhan cabai masyarakat Bumi Uncak Kapuas. Kecamatan Kalis adalah produsen cabai lokal di Kapuas Hulu. Cukup banyak cabai yang dihasilkan masyarakat dari Kecamatan ini yang dijual ke beberapa pasar lokal setempat. Kepala Desa Rantau Kalis, Kecamatan Kalis, Yohanes Luat mengatakan, dirinya dan beberapa masyarakat di Desa sekitar banyak yang mengeluti usaha perkebunan cabai. "Saya berkebun cabai, sama dengan keluarga di Desa terdekat seperti Desa Nanga Tubuk, kami rutin jual ke Putussibau," papar Kepala Desa Rantau Kalis, Minggu 17 Desember 2017.
Kepala Desa Rantau Kalis menuturkan,  dirinya perbulan memperoleh laba Rp 6 juta setiap bulan dari hasil penjualan cabai. Luas lahan kebun cabai yang ia miliki sekitar 1 Hektare, dengan total 5.000 batang pohon cabai yang aktif berbuah. "Satu hektare itu sekitar 30 kg cabai sekali panen, dalam seminggu saya empat kali memanen. Harga perkilo-gramnya saya jual ke Putussibau Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu. Jadi sekitar Rp 6 juta sebulan saya dapat,". Dijelaskan Kepala Desa Rantau Kalis,  kontur tanah di Kecamatan Kalis cocok untuk cabai. Perawatannya juga tidak rumit. "Kebun cabai saya itu tidak ada pakai bahan kimia, tidak juga pakai pupuk, saya rawatnya hanya cabut rumput saja karena tanah subur. Terkait hama, cabai yang saya tanam itu tahan, sebab bibitnya juga sudah yang tahan hama," papar Kepala Desa Rantau Kalis.
Pada Desa Rantau Kalis sendiri,  Kepala Desa Rantau Kalis menuturkan tidak banyak masyarakat yang menanam cabai. Hanya dirinya yang terfokus. Lantaran telah berhasil,  Kepala Desa Rantau Kalis berencana mengajak masyarakat menanamnya, kemudian membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  untuk mengelola pemasarannya secara kumulatif. "Saya akan lihat dulu,  kalau masyarakat Desa saya mau,  kita bisa dukung dari dana Desa untuk pemasaran cabai dan hasil bumi masyarakat yang lain,". Dengan membentuk BUMDes, akan diadakan satu unit pickup, untuk angkut cabai, umbi-umbian dan komoditi lain untuk dijual ke Putussibau. Nanti akan dibentuk kelompok masyarakat untuk mengelolannya. "Kalau bisa nanti kita jajaki pihak ke tiga untuk bekerjasama buat bumbu jadi,  nanti bahannya dari masyarakat Rantau Kalis," tuntas Kepala Desa Rantau Kalis. (Doc. Bidang SAI-DKIS) 
sumber:https://kapuashulukab.go.id/berita-975-potensi-cabai-ada-di-kecamatan-kalis.html
komentar facebook

No comments:

Post a Comment