kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

Cerita rakyat dibalik air terjun medang pulang

Kadesku.com-Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu memiliki objek wisata yang sangat menarik. Objek wisata tersebut adalah  air terjun Medang Pulang yang terletak di Dusun Sungai Medang, Desa Tani Makmur. Air terjun ini memiliki cerita rakyat yang cukup menarik. Alberto Deo Prawira, Staff Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, yang akhir pekan lalu mendatangi air terjun tersebut menjelaskan, masyarakat setempat memiliki cerita rakyat tersendiri tentang air terjun itu. “Air terjun Medang Pulang ini bercerita tentang seorang pria bernama Medang yang bertapa di bawah air terjun tersebut. Pria itu meminta wangsit atau petunjuk karna ada keluarga di kampungnya yang sakit,” jelas Staff Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, Senin 27 November 2017.
Setelah ia (Medang) bertapa di air terjun tersebut, beberapa hari kemudian dalam waktu setengah sadar setengah bermimpi ia mendapatkan petunjuk, bahwa untuk mengobati keluarga yang sedang sakit tersebut, ia di suruh mengambil kantong semar yang ada isi airnya di daerah tempat ia bertapa tersebut. Kantong semar yang berisi air pun ia temukan dan ia bawa pulang, lalu ia berikan kepada keluarganya yang sakit dan keluarga tersebut sehat kembali. Oleh karena itulah air terjun tersebut di namakan ‘Medang Pulang’. “Seorang petapa pria yang bernama Medang yang telah kembali ke kampung nya membawa pertolongan untuk keluarganya,” papar Staff Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu.
Terkait akses menuju air terjun Medang Pulang, kata Staff Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu, dari Kota Putussibau hanya butuh waktu sekitar  3 jam, menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Kendaraan pengunjung juga bisa lansung sampai di Objek Wisata tersebut. “Pengunjung bisa dengan leluasa melihat air terjun Medang Pulang yang memiliki beberapa beberapa tingkat,”. Staff Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu mengatakan, masyarakat sekitar lokasi air terjun tersebut juga sangat ramah. Untuk masuk ke lokasi wisata pengunjung digratiskan. “Jadi kita bisa berwisata di air terjun bersama keluarga disana dengan nyaman, sambil menikmati akhir pekan dengan pesona alam yang sangat sejuk dan alami,” tutup Staff Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)
sumber:https://kapuashulukab.go.id/berita-947-cerita-rakyat-dibalik-air-terjun-medang-pulang.html
komentar facebook

No comments:

Post a Comment