kesehatan

[kesehatan][bsummary]

potensi

[potensi][bigposts]

inovasi

[inovasi][twocolumns]

BUMD kapuas hulu garap usaha madu

Kadesku.com-Kabupaten Kapuas Hulu sudah terkenal dengan madu alamnya. Berbagai jenis madu dari Bumi Uncak Kapuas juga telah menembus pasar Manca Negara. Memperhatikan potensi yang begitu besar akan komoditi madu, PT. Uncak Kapuas Mandiri yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kapuas Hulu pun menargetkan bidang usaha madu. Diretktur Utama PT.UKM, Sy. Abubakar Alkadri mengatakan, pihaknya tengah mengupayakan pembangunan centra produksi madu di Putussibau. Mesin untuk memproduksi madu telah siap, tinggal menyelesaikan bangunan tempat produksinya saja. “Mesin untuk produksi madu ini dibantu oleh Kementerian Perindustrian sementara bangunannya dibantu oleh Pemerintah Kapuas Hulu, pelaksanaan produksi madunya nanti melalui BUMD (PT.UKM). Centra produksi ini ada di Dusun Mupa, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara,” kata Diretktur Utama PT.UKM, Kamis 14 Desember 2017.
Untuk kekuatan mesin, kata Diretktur Utama PT.UKM, saat di uji coba di Cimahi, mesin tersebut dapat memproduksi madu sebanyak 500Kg per 2 jam. Mesin ini buatan Indonesia. “Untuk mengoperasikan mesin ini sudah ada teknisi sebanyak dua orang yang akan kami siapkan, target produksi madu tersebut adalah pertengahan Januari Tahun 2018,”. Nanti restok madunya tetap pertahun dan produksinya sesuai dengan permintaan pasar. Terkait pemasaran, ditegaskan Diretktur Utama PT.UKM, sudah ada pihak ketiga yang akan menerima madu produksi Kapuas Hulu. “Dalam pemasarannya, kami akan bekerjasama dengan PT. Mitra Tani Nusantara di Jakarata. Untuk ke Malaysia, kami sudah ada rencana untuk ekspor, maka kami harus urus izin produksi, izin kesehatannya juga,” tegas Diretktur Utama PT.UKM.
Rencananya pengumpulan madu untuk centra produksi tersebut, PT.UKM akan bekerjasama dengan BUMDes dan Koperasi masyarakat di seluruh wilayah Kapuas Hulu, yang menekuni usaha madu. “Jadi BUMDes dan Koperasi kami harapkan bisa hidup juga dari usaha madu ini,”. Untuk melancarkan pemasaran nantinya, Diretktur Utama PT.UKM mengataan, akan menyewa armada dari pihak lain. Sebab belum ada armada khusus yang dianggarkan Pemerintah Kapuas Hulu untuk centra produksi madu ini. “Kita juga tidak berani menggarkan pengadaan armada,” tutup Diretktur Utama PT.UKM. (Doc. Bidang SAI-DKIS)
sumber:https://kapuashulukab.go.id/berita-972-bumd-kapuas-hulu-garap-usaha-madu.html
komentar facebook

No comments:

Post a Comment